Asyiknya Menjajal Planetarium Mini di Habibie Festival

Mobile Planetarium dipamerkan di Festival Habibie di Jakarta, Senin (7/8)/ [Suara.com/Aditya Gema Pratomo]

Suara.com - Bekraf Habibie Festival 2017 resmi dibuka hari ini, Senin (7/8/2017). Salah satu daya tarik pengunjung dalam pameran ini adalah kehadiran wahana Mobile Planetarium yang edukatif.

Mobile Planetarium adalah sebuah wahana planetarium mini yang berbentuk sebuah kubah besar. Di dalamnya terdapat sebuah proyektor yang akan menampilkan kondisi luar angkasa.

"Mobile Planetarium adalah planetarium versi mini yang dapat dipindahkan ke berbagai tempat. Masyarakat khususnya anak-anak dapat belajar astronomi secara interaktif dengannya," ujar Firly Savitri, founder Ilmuwan Muda Indonesia selaku pemilik dari Mobile Planetarium ini.

Ia menuturkan bahwa teknologi proyeksi yang digunakan planetarium mini ini dapat menampilkan suasana luar angkasa dalam format 3D. Hal ini dapat mempermudah pengajaran astronomi kepada anak-anak

"Kita ingin mempromosikan sains kepada anak-anak. Untuk memperkenalkan sains kita menggunakan astronomi yang sangat disukai anak-anak," lanjutnya.

Untuk memasuki wahana ini, pengunjung tidak dikenakan biaya. Anda hanya perlu mengantri untuk menggunakan wahana berkapasitas 50 orang ini.

Suara.com berkesempatan untuk menjajal wahana ini. Di dalam wahana itu terdapat berbagai penjelasan tentang benda langit secara interaktif.  Pertunjukkan berlangsung selama 10 menit. Walaupun terbilang singkat, respon pengunjung cukup puas terhadap wahana Mobile Planetarium.

"Antusiasme pengunjung bagus hari ini. Kami yakin pengunjung akan lebih banyak datang besok," ujar Firly.