Hadiri Bekraf Habibie Festival 2018 di Karanganyar, Rio Haryanto Sebut Kesamaannya dengan BJ Habibie

Rio Haryanto menuliskan kalimat motivasi untuk dipajang selama berlangsungya Bekraf Habibie Festival di De Tjolomadoe, Karanganyar, Jawa Tengah, Jumat (20/4/2018). Source: TRIBUNSOLO.COM

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Efrem Siregar

TRIBUNSOLO.COM, KARANGANYAR - Rio Haryanto dan BJ Habibie dianggap turut mengharumkan nama Indonesia meski melalui jalur berbeda.

Adapun Rio Haryanto menjadi pembalap Indonesia pertama yang tampil di ajang Formula 1, sementara BJ Habibie dihormati dalam dunia dirgantara lewat rancangan pesawat N250, pesawat pertama buatan Indonesia.

Meski berada di jalan berbeda, Rio Haryanto menilai ada kesamaan antara dirinya dan mantan Wakil Presiden RI tersebut.

"Pak Habibie menambah bakat dan ilmu di luar negeri."

"Perjalanannya sangat penuh challenge (tantangan), ada culture shock (kejutan budaya)."

"Saya sempat mengalami itu saat (balapan) di luar negeri," ungkapnya saat jumpa pers Bekraf Habibie Festival di De Tjolomadoe, Karanganyar, Jumat (20/4/2018).

Menurut Rio, kejutan budaya inilah yang memperlihatkan kesamaan dia dan BJ Habibie.

Rio mengaku merasakan bagaimana orang luar negeri sempat menganggapnya sebelah mata ketika membalap.

"Pasti, saya merasa sedikit direndahkan, namun ini justru memotivasi saya, karena saya mempunyai bakat," ujarnya.

Dengan hadirnya Bekraf Habibie Festival 2018 di Karanganyar, Rio Haryanto mengajak anak muda Indonesia untuk mau memperlihatkan gagasan dan inovasinya.

CEO Orbit Ventura, penyelenggara Bekraf Habibie Festival, mengaku takjub melihat antusias masyarakat Solo dan sekitarnya dalam menyaksikan beragam pameran dirgantara, digital startup, 3D printing, kuliner dan virtual reality ini.

Menurutnya., dari catatan kehadiran, jumlah pengunjung terhitung sudah mencapai lebih dari 10 ribu orang di hari pertama, Jumat (20/4/2018)

Bekraf Habibie Festival 2018 diselenggarakan selama tiga hari berturut-turut dari hari ini, Jumat hingga Minggu (20-22/4/2018).

Artikel ini telah tayang di Tribunsolo.com dengan judul Hadiri Bekraf Habibie Festival 2018 di Karanganyar, Rio Haryanto Sebut Kesamaannya dengan BJ Habibie, http://solo.tribunnews.com/2018/04/20/hadiri-bekraf-habibie-festival-2018-di-karanganyar-rio-haryanto-sebut-kesamaannya-dengan-bj-habibie?page=2.
Penulis: Efrem Limsan Siregar
Editor: Hanang Yuwono