Kecil-kecil Jadi Coder

Seiring pesatnya perkembangan teknologi, generasi muda dan anak-anak turut mengalami perubahan secara konsisten dari pergeseran alat-alat permainan. Namun, apa jadinya ketika bukan hanya permainannya yang berubah, namun juga pembuatnya? Beberapa anak yang ikut meramaikan rangkaian acara ‘The Amazing Family Race’ besutan Cleivo -lah contohnya. Anak-anak ini tidak lagi hanya bermain, tapi sudah mulai berkreasi dan menciptakan game berbasis smartphone mereka sendiri.

Perkenalkan, mereka adalah Chakra Sena (13), Athaa aqiilah N.R (10), dan Amne Grifin Magal (11). Ketiganya adalah coder cilik yang tergabung dalam acara “Coder Camp Clevio Indonesia”. Melalui acara ini, dalam 3 pertemuan masing-masing 6 jam, Atha, Chakra, dan Amne berhasil membuat game Android bernama ‘Penyelamat Terumbu Karang.’ Permainan ini bertujuan untuk membantu menyadarkan masyarakat akan bahaya yang saat ini menimpa terumbu karang, agar ke depannya nasib terumbu karang Indonesia akan menjadi lebih baik.

“Selama masa pembuatan, capek banget. Akan tetapi ketika sudah jadi game-nya aku merasa senang sekali. Apalagi sewaktu dirilis,” ujar Amne ketika diminta untuk menjelaskan perasaannya selama pembuatan game. Dalam project ini, Amne adalah yang pertama kali mencetuskan ide pembuatan game tentang terumbu karang. Ia juga bertugas sebagai manajer di kelompok kecil mereka, dan bertanggung jawab untuk memastikan segala hal berjalan sesuai jadwal. Lain halnya dengan Atha yang bertanggung jawab sebagai programmer. Tugasnya meng-coding game mereka. Sementara Chakra, bertugas sebagai pembuat desain game mereka. Ia menggunakan pixlr.com sebagai alat pembuatan karakter-karakter permainan. “Untuk teman-teman lain yang memang tertarik untuk membuat game, jangan lupa bikin game yang bermanfaat, ya!” seru Amne menutup perbincangan. [Jessica Natalie/CP]