BEKRAF: Membangkitkan Semangat Para Pelaku Ekraf

Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, atau dikenal luas dengan BEKRAF, memang sangat santer terdengar sepak-terjangnya belakangan ini di dalam mendukung kegiatan-kegiatan bertema budaya dan ekonomi kreatif di tanah air. Upayanya membangkitkan semangat para pelaku ekraf untuk mandiri dan mampu bersaing di pasar dalam negeri maupun global patut diacungi jempol. Untuk itu pulalah BEKRAF bergabung dengan Habibie Festival pada tahun ini, karena industri teknologi dan inovasi merupakan salah satu aspek penting dalam pengembangan  ekonomi kreatif.

Selain mendukung sejumlah program pelatihan, seminar, dan bincang-bincang, BEKRAF juga membuka booth di festival terbesar di Indonesia ini, tepatnya di area Pameran Hall B1 Jakarta International Expo Kemayoran. Setiap hari, tim dari BEKRAF memfasilitasi pengunjung yang berminat pada program-program yang ada, atau sekadar menjawab pertanyaan. “Misi kami adalah memaksimalkan karya anak bangsa untuk negeri ini,” ujar perwakilan dari Deputi III Infrastruktur BEKRAF.

Secara struktur, BEKRAF terdiri dari 6 Deputi. Namun hanya tiga yang turut serta dalam acara ini, yaitu Deputi Infrastruktur, Deputi Riset, dan Deputi Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Ketiga Deputi ini memiliki booth masing-masing yang terpisah dari booth utama. Tiap Deputi memiliki spesialisasi tersendiri dan menawarkan bantuan jasa bagi masyarakat yang memiliki pertanyaan seputar bidang mereka. Seperti di Deputi HKI yang membuka konsultasi bagi mereka yang kesulitan mendapatkan hak atas kekayaan intelektual. Sementara itu, di bagian Infrastruktur, dibuka jasa seputar revitalisasi atau pengembangan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Information and Communication Technology/ICT), khususnya game ciptaan anak bangsa. [Jessica Natalie/CP]