Bollo Ubi Kopong: Berkreasi dengan Bahan Pangan Ndeso

Tak hanya ramai pada jam makan siang, arena Food Fair BEKRAF Habibie Festival 2017 seolah tak pernah sepi oleh pengunjung yang ingin mencicipi beragam kuliner kreatif di sana. Bagaimana tidak? Tiap booth di Food Fair diisi oleh para pelaku ekraf yang menawarkan makanan dan minuman unik dan menarik.

Salah satu booth yang mendapat perhatian para pengunjung adalah kedai “Bollo Ubi Kopong”. Ubi campur tepung dan dibentuk seperti bola pingpong yang mereka hidangkan tak hanya lezat namun sangat lucu dan menggemaskan.

Menurut Ponco, penanggung jawab kedai, Bollo Ubi Kopong lahir karena terinspirasi oleh makanan yang ndeso. Bahan dasarnya ubi pilihan yang dicampur dengan tepung, dibentuk bulat-bulat, kemudian digoreng. Berkat pemanfaatan teknologi dalam dunia kuliner dan diinovasi dalam bentuk dan rasa yang berbeda serta nama produk yang kreatif, Bollo Ubi Kopong menjadi cemilan yang cukup hits di pasaran. “Diberi nama ‘Bollo’ karena bentuknya bulat seperti bola pingpong dan di dalamnya kosong ketika digigit,” jelas Ponco lagi.

Cemilan sehat berbahan dasar ubi ini dibuat tanpa bahan pengawet dan kaya akan kandungan karbohidrat yang baik. Setiap hari,penjualan ubi kopong bisa mencapai 17.000 biji. Rasanya yang manis dan gurih menambah minat para konsumen. Harganya pun terjangkau; dengan uang dua puluh ribu,konsumen bisa mendapatkan 10 biji ubi kopong yang sudah digoreng.

Produk lokal ini didirikan oleh Aldrich,dan sampai saat ini sudah memiliki 13 cabang di wilayah Jakarta. Rencananya, mereka akan melakukan inovasi terbaru untuk produknya, yaitu dengan menambah banyak varian rasa. Saat ini Bollo Ubi Kopong memang hanya menjual ubi kopong goreng yang manis tanpa topping.

Novi, seornag pengunjung dari Bekasi, mengapresiasi produk Bollo Ubi Kopong yang hadir di BEKRAF Habibie Festival 2017. “Sedari dulu aku ingin sekali mencoba Bollo Ubi Kopong, terutama setelah melihat promonya di Instagram. Ternyata aku temukan di sini. Rasanya manis, enak, dan dalamnya kosong. Aku suka banget.” [Elco Mytha Tausi/CP]